Sabtu, 24 Maret 2012

Matematika Konsep dan Aplikasinya

Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-undang
Hak Cipta Buku ini dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional
dari Penerbit CV. Usaha Makmur
MATEMATIKA
KONSEP DAN APLIKASINYA
Untuk SMP/MTs Kelas VIII
Penulis : Dewi Nuharini
Tri Wahyuni
Editor : Indratno
Perancang Kulit : Risa Ardiyanto
Ilustrasi, Tata Letak : Risa Ardiyanto
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm
410
NUH NUHARINI, Dewi
m Matematika Konsep dan Aplikasinya: untuk SMP/MTs Kelas VIII/
oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni; editor Indratno. — Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
viii, 252 hlm.: ilus.; 25 cm.
Bibliografi : hlm. 244
Indeks. hlm.
ISBN 979-462-999-5
1. Matematika-Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Wahyuni, Tri III. Indratno
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
Diperbanyak oleh ...
KATA SAMBUTAN
iii
Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia
Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada
tahun 2008, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari
penulis /penerbit untuk disebarlu askan kepada masyarakat melalui
situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi
syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para
penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para
siswa dan guru di seluruh Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada
Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (down load), digandakan,
dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk
penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi
ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks
pelajaran ini akan lebih mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh
Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri dapat
memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada
para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik
baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya.
Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.
Jakarta, Juli 2008
Kepala Pusat Perbukuan
KATA PENGANTAR
Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 ini membantumu
belajar matematika dan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari. Buku ini disusun dengan menggunakan bahasa yang
mudah kamu pahami. Di dalam buku ini kamu akan menjumpai
soal-soal yang dapat melatih keterampilanmu. Dengan harapan,
kamu akan lebih tertarik dan suka belajar matematika.
Setiap awal bab di buku ini disajikan kover bab. Bagian ini
berisi ilustrasi dan deskripsi singkat yang menarik berkaitan dengan
materi bab yang bersangkutan. Selain itu, di awal bab juga disajikan
tujuan pembelajaran yang harus kamu capai dalam setiap bab.
Kata-kata kunci merupakan inti dari materi. Bacalah terlebih dahulu
kata-kata kuncinya sebelum kamu mempelajari isi materi.
Di dalam buku ini disajikan Tugas Mandiri yang akan
meningkatkan pemahaman kamu terhadap konsep yang telah kamu
pelajari. Diskusi akan mendorongmu untuk lebih bersemangat
dalam bekerja sama. Soal Tantangan akan memotivasi kamu
dalam memahami konsep. Pelangi Matematika akan menambah
pengetahuan dan wawasan kamu mengenai tokoh yang berjasa
besar pada konsep yang sedang dipelajari. Tips akan membantumu
memahami konsep yang sedang kamu pelajari. Di bagian akhir
setiap bab dilengkapi dengan soal-soal untuk mengevaluasi
kompetensi yang telah kamu capai setelah mempelajari satu bab.
Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat dan jangan segan
untuk bertanya jika kamu menemui kesulitan. Selamat belajar,
semoga sukses.
Surakarta, Mei 2008
Penulis
iv Matematika Konsep dan Aplikasinya 2
Refleksi berisi umpan balik yang harus dilakukan
oleh siswa setelah mempelajari materi satu bab.
Bagian ini berisi soal-soal pilihan ganda dan soalsoal
esai sebagai bahan evaluasi untuk mengukur
tingkat pemahaman siswa setelah mempelajari
materi satu bab.
SAJIAN ISI BUKU
Uji kompetensi berisikan soal-soal latihan bervariasi
yang disajikan setiap subbab.
Uji kompetensi dapat digunakan untuk menguji
pemahaman siswa berkaitan dengan isi materi.
Bagian ini berisi tugas yang bersifat individu.
Tugas mandiri memuat tugas observasi, investigasi,
eksplorasi, atau inkuiri yang dapat memacu
siswa untuk berpikir kritis, kreatif, maupun
inovatif.
Tips berisi info atau keterangan yang dapat membantu
siswa memahami materi yang sedang
dipelajari.
Pelangi matematika berisi tokoh-tokoh yang berjasa
besar pada konsep yang sedang dipelajari.
Bagian ini berisi tugas yang harus dikerjakan secara
berpasangan atau berkelompok. Diskusi memuat
tugas observasi, investigasi, eksplorasi, atau
inkuiri yang dapat memacu siswa untuk berpikir
kritis, kreatif, dan inovatif.
Soal tantangan berisikan suatu soal yang menantang
siswa untuk menguji kecerdasannya.
Bagian ini dapat memotivasi siswa dalam memahami
konsep materi secara total.
Rangkuman berisi ringkasan materi dalam satu bab.
Bagian ini disajikan di akhir setiap bab agar siswa
dapat mengingat kembali hal-hal penting yang telah
dipelajari.
v Sajian Isi Buku
vi Matematika Konsep dan Aplikasinya 2
KATA SAMBUTAN ................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR ............................................................................................... iv
SAJIAN ISI BUKU .................................................................................................. v
DAFTAR ISI ............................................................................................................. vi
PENDAHULUAN ..................................................................................................... 1
BAB 1: FAKTORISASI SUKU ALJABAR
A. Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, dan Suku ..................... 4
B. Operasi Hitung pada Bentuk Aljabar ................................................ 6
C. Pemfaktoran Bentuk Aljabar ............................................................. 15
D. Operasi pada Pecahan Bentuk Aljabar ............................................. 24
Evaluasi 1 .................................................................................................. 29
BAB 2: FUNGSI
A. Relasi ................................................................................................... 32
B. Fungsi atau Pemetaan ........................................................................ 36
C. Menentukan Rumus Fungsi Jika Nilainya Diketahui ....................... 44
D. Menghitung Nilai Perubahan Fungsi jika Nilai Variabel Berubah ... 46
E. Grafik Fungsi/Pemetaan ..................................................................... 48
F. Korespondensi Satu-Satu ................................................................... 50
Evaluasi 2 .................................................................................................. 54
BAB 3: PERSAMAAN GARIS LURUS
A. Persamaan Garis (1) .......................................................................... 58
B. Gradien ................................................................................................ 65
C. Persamaan Garis (2) .......................................................................... 76
D. Menentukan Titik Potong Dua Garis ................................................. 86
E. Memecahkan Masalah yang Berkaitan dengan Konsep
Persamaan Garis Lurus...................................................................... 89
Evaluasi 3 .................................................................................................. 92
BAB 4: SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
A. Persamaan Linear Satu Variabel ....................................................... 96
B. Persamaan Linear Dua Variabel ....................................................... 97
C. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ........................................... 101
D. Membuat Model Matematika dan Menyelesaikan Masalah Seharihari
yang Melibatkan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ...... 108
E. Menyelesaikan Sistem Persamaan Nonlinear Dua Variabel dengan
Mengubah ke Bentuk Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ..... 111
Evaluasi 4 .................................................................................................. 114
DAFTAR ISI
vii Daftar Isi
BAB 5: TEOREMA PYTHAGORAS
A. Teorema Pythagoras .......................................................................... 118
B. Penggunaan Teorema Phytagoras ..................................................... 123
C. Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Menggunakan
Teorema Pythagoras .......................................................................... 132
Evaluasi 5 .................................................................................................. 134
BAB 6: LINGKARAN
A. Lingkaran dan Bagian-Bagiannya ..................................................... 138
B. Keliling dan Luas Lingkaran .............................................................. 140
C. Hubungan antara Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring .... 149
D. Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran........................................ 153
E. Segi Empat Tali Busur (Pengayaan) ................................................. 158
F. Sudut antara Dua Tali Busur (Pengayaan) ....................................... 162
Evaluasi 6 .................................................................................................. 167
BAB 7: GARIS SINGGUNG LINGKARAN
A. Mengenal Sifat-Sifat Garis Singgung Lingkaran .............................. 170
B. Melukis dan Menentukan Panjang Garis Singgung Lingkaran ........ 172
C. Kedudukan Dua Lingkaran ................................................................ 177
D. Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran .................................... 178
E. Menentukan Panjang Sabuk Lilitan Minimal yang Menghubungkan
Dua Lingkaran .................................................................................... 184
F. Melukis Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Segitiga ................. 187
Evaluasi 7 .................................................................................................. 197
BAB 8: KUBUS DAN BALOK
A. Mengenal Bangun Ruang ................................................................... 200
B. Model Kerangka serta Jaring-Jaring Kubus dan Balok................... 209
C. Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok............................ 213
Evaluasi 8 .................................................................................................. 221
BAB 9: BANGUN RUANG SISI DATAR LIMAS DAN PRISMA TEGAK
A. Bangun Ruang Prisma dan Limas ..................................................... 224
B. Diagonal Bidang, Diagonal Ruang, serta Bidang Diagonal Prisma
dan Limas ............................................................................................ 227
C. Jaring-Jaring Prisma dan Limas ........................................................ 230
D. Luas Permukaan Prisma dan Limas ................................................. 232
E. Volume Prisma dan Limas ................................................................. 236
Evaluasi 9 .................................................................................................. 242
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................ 244
GLOSARIUM ........................................................................................................... 245
KUNCI JAWABAN SOAL TERPILIH ............................................................... 247
DAFTAR SIMBOL .................................................................................................. 250
INDEKS...................................................................................................................... 251
viii Matematika Konsep dan Aplikasinya 2

Sudut Bumi IPS Terpadu


ii
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang -undang
Sudut Bumi
IPS Terpadu u ntuk SM P/MTs Ke las VII I
Penulis : Kurtubi
Penyu nting : Tim Guru IPS Internat Al Kautsar
Aji Marwonto Ar is Munan dar
Arif Budiman
Bah ar Sungk ono
Pen ata Letak : Wahdit amam
Desain Sampul : Irfansyah
Ukuran : 17,6 X 25 cm
300.7
KUR KURTUBI
i Sud ut Bumi IPS Terpadu : untuk SMP dan
MTs Ke las VIII/penu lis,
Kurtubi ; penyunting Tim Guru IPS Internal
A l kautsar⁄[ et a l]. ·
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pend id i k a n Nasio n al, 2009.
xi, 215 hlm. : ilus. ; 25
cm.
Bib liogr afi : hlm. 20 9
Ind eks
ISBN 978-979-068-686-1 (no .jilid lengkap)
ISBN 978-979-068-688-5
1. Ilmu-ilmu Sosial - Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Tim Guru IPS Internal Al kautsar
Hak Cipta Buku ini dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional
dari Penerbit LEUSER CITA PUSTAKA
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2009
Diperbanyak oleh...
iii
Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya,
Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2009, telah
membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan
kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan
telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk
digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 81 Tahun 2008 tanggal 11 Desember 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis/
penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen
Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh
Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen
Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak,
dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang
bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan
oleh Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses
sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada
di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para siswa
kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami
menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran
dan kritik sangat kami harapkan.
Jakarta, Juni 2009
Kepala Pusat Perbukuan
iv
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME yang
senantiasa mencurahkan nikmat hidup, rahmat, dan kasih sayangNya.
“Sudut Bumi” mengkaji bumi beserta isi dan kehidupannya dari
berbagai sudut. Apabila kita intip bumi dari lubang yang sangat kecil,
ternyata Tuhan YME bisa menampakkan keluasan dan kebesaranNya
hanya dengan sebelah mata saja. Jika diibaratkan lubang itu adalah
teropong, maka kemahaluasan Tuhan tak terhingga. Begitu juga
dengan ilmu. Tuhan senantiasa memanjangkan ilmu sampai tak
terhingga supaya manusia senantiasa pula mensyukurinya dengan akal
sehingga apa yang ditemukan dari sebuah ilmu merupakan hasil dari
penelusurannya yang panjang, dan manusia tidak akan melupakannya,
bahkan semakin menyadari bahwa manusia itu kecil di mata Tuhan
Yang Maha Esa.
“Sudut Bumi” merupakan buku pengayaan atau pendamping
buku IPS Terpadu yang mengkaji ilmu pengetahuan sosial. Dalam
penulisan, buku ini tetap mengacu pada Standar Isi sehingga mudah
bagi pembaca, khususnya siswa, untuk mempelajarinya. Buku ini bukan
melakukan pembenaran atau penyalahan kepada sebuah ilmu, tetapi
buku ini ingin menyajikan bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam
semesta ini tidak bisa lepas dari pengawasan Tuhan YME.
Semoga “Sudut Bumi” bermanfaat dan menambah kecintaan
pembaca, khususnya pelajar terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Pencipta.
Jakarta, Februari 2008
v
Pemetaan Materi
Berdasarkan Standar Isi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Kelas : VIII
Materi Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Semester 1
Bab 1
Kondisi Fisik Wilayah
Indonesia
Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk.
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah
dan penduduk.
Bab 2
Permasalahan
Kependudukan di
Indonesia
Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk.
Mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya
penanggulangannya.
Bab 3
Lingkungan Hidup
Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk.
• Mendeskripsikan permasalahan
lingkungan hidup dan upaya
penanggulangannya dalam
pembangunan berkelanjutan.
• Mendeskripsikan permasalahan
kependudukan dan dampaknya
terhadap pembangunan.
Bab 4
Proses Perkembangan
Kolonialisme dan
Imperialisme di Indonesia
Memahami proses kebangkitan
nasional.
Menjelaskan proses perkembangan
kolonialisme dan imperialisme Barat,
serta pengaruh yang ditimbulkannya di
berbagai daerah.
Bab 5
Tumbuh dan
Berkembangnya
Kesadaran Nasional
Memahami proses kebangkitan
nasional.
Menguraikan proses terbentuknya
kesadaran nasional, identitas Indonesia,
dan perkembangan pergerakan
kebangsaan Indonesia.
Bab 6
Penyimpangan Sosial
dalam Keluarga dan
Masyarakat
Memahami masalah penyimpangan
sosial.
• Mengidentifikasi berbagai penyakit
sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids,
PSK, dan sebagainya) sebagai akibat
penyimpangan sosial dalam keluarga
dan masyarakat.
• Mengidentifikasi berbagai upaya
pencegahan penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat.
Bab 7
Sumber Daya dan
Kebutuhan Manusia
Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat.
Mendeskripsikan hubungan antara
kelangkaan sumber daya dengan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
vi
Bab 8
Pelaku Ekonomi
Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat.
Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah
tangga, masyarakat, perusahaan,
koperasi, dan negara.
Bab 9
Pasar dalam Kegiatan
Ekonomi
Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam
kegiatan ekonomi masyarakat.
Materi Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Semester 2
Bab 10
Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia
Memahami usaha persiapan
kemerdekaan.
• Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
sekitar proklamasi dan proses
terbentuknya negara kesatuan Republik
Indonesia.
• Menjelaskan proses persiapan
kemerdekaan Indonesia.
Bab 11
Hubungan Sosial dan
Pranata Sosial
Memahami pranata dan
penyimpangan sosial.
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk
hubungan sosial.
• Mendeskripsikan pranata sosial dalam
kehidupan masyarakat.
Bab 12
Pengendalian
Penyimpangan Sosial
Memahami pranata dan
penyimpangan sosial.
Mendeskripsikan upaya pengendalian
penyimpangan sosial.
Bab 13
Ketenagakerjaan di
Indonesia
Memahami kegiatan perekonomian
Indonesia.
Mendeskripsikan permasalahan angkatan
kerja dan tenaga kerja sebagai sumber
daya dalam kegiatan ekonomi, serta
peranan pemerintah dalam upaya
penanggulangannya
Bab 14
Sistem Perekonomian di
Indonesia
Memahami kegiatan perekonomian
Indonesia.
• Mendeskripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekonomian
Indonesia.
• Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional.
Bab 15
Permintaan dan
Penawaran
Memahami kegiatan perekonomian
Indonesia.
• Mendeskripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuknya harga
pasar.
vii
Bab 1 | Kondisi Fisik Wilayah Indonesia 1
Kondisi Fisik
Wilayah Indonesia
Standar Kompetensi:
Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar:
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.
Kondisi Fisik Wilayah Indonesia
Peta Konsep
Peta Konsep
Kondisi geografis
Indonesia
Hubungan
posisi geografis Indonesia
dengan perubahan musim
di Indonesia
• Letak astronomis
• Letak geografis
• Letak geologis • Angin muson
• Faktor penyebab
Terjadinya perubahan
musim di Indonesia
Bab 11
Persebaran flora dan fauna
serta kaitannya dengan Garis
WallaceadanWeber
• Flora di Indonesia
• Persebaran flora dan fauna
di Indonesia
Persebaran jenis tanah
dan pemanfaatannya di
Indonesia
• Tanah
• Persebaran flora dan
fauna di Indonesia
Bagaimana Menggunakan
Buku Ini?
Adik-adikku, agar kamu lebih mudah untuk mempelajari buku ini, mari
kita lihat terlebih dahulu petunjuk bagaimana menggunakan buku ini.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa
setelah mempelajari bab tersebut.
Peta Konsep
Diagram yang menunjukkan struktur konsep
dalam bab tersebut
Highlight, yang perlu diketahui oleh
pembaca dari halaman tersebut.
Aktivitas Siswa,
merupakan contextual problem yang
harus diselesaikan siswa dengan cara
berpikir kritis terhadap
permasalahan yang disajikan.
Gambar 1.4 Letak geologis Indonesia
Sumber: image.google.com
Australia yang menuju arah utara atau barat. Kapal dari
samudera Pasifik menuju Samudera Hindia juga melalui perairan
Indonesia. Letak Indonesia tersebut berada pada posisi silang sehingga
merupakan persimpangan jalur lalu lintas internasional, baik lalu
lintas ekonomi dan perdagangan maupun jalur pertukaran budaya.
3 . Letak Geologis
Letak geologis, yaitu letak suatu daerah atau negara
berdasarkan lapisan batuannya. Berdasarkan lapisan batuannya,
Indonesia bagian barat (Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan pulaupulau
sekitarnya), termasuk bagian dari kontinen Asia, dan Indonesia
bagian timur (Irian Jaya dan Maluku ke utara) termasuk bagian dari
kontinen Australia. Sedangkan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat,
dan Nusa Tenggara Timur merupakan daerah peralihan antara
kontinen Asia dengan Australia.
4 Sudut Bumi - IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VIII
Mengingat posisi silang
Indonesia berdasarkan
letak geografis,
tentunya banyak
budaya luar yang
masuk ke Indonesia
tanpa disaring terlebih
dahulu. Sebagai
pelajar, coba kamu
pikirkan antisipasi apa
yang harus kamu
lakukan supaya
pengaruh budaya dari
luar yang buruk tidak
mempengaruhi
kebudayaan Indonesia,
khususnya kebudayaan
di sekitarmu!
“ “
“ “
Ditinjau dari sudut
ekonomi, letak
geografis Indonesia
dapat mendatangkan
keuntungan.
A k t i v i t a s
S i s w a
Laut dangkal di Indonesia bagian barat disebut Dangkalan
Sunda dan dipisahkan dari Indonesia tengah oleh garis Wallacea.
Laut dangkal di Indonesia timur disebut Dangkalan Sahul, dan
dipisahkan dari Indonesia bagian tengah oleh garis Weber. Kamu
akan mema-hami lebih dalam pembahasan garis Wallacea dan
garis Weber pada pembahasan flora dan fauna.
B . Hubungan Posisi Geografis Indonesia
dengan Perubahan Musim di Indonesia
Posisi Indonesia secara geografis sangat berpengaruh terhadap
perubahan musim yang terjadi di Indonesia, baik secara langsung
maupun tidak langsung. Pengaruh-pengaruh tersebut antara lain:
viii
Kilasan Materi, ringkasan dari materi
yang dipelajari
Refleksi, pencerminan dari semua
materi yang dipelajari dari setiap bab,
dapat berupa hikmah maupun
pencerminan dari bab tersebut yang
perlu kamu kembangkan.
• Letak astronomis Indonesia adala 91° BT – 141° BT dan 6° LU – 11° LS.
• Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta
di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
• Letak geologis adalah letak suatu daerah atau negara berdasarkan lapisan batuannya.
• Secara geologis, Indonesia merupakan daerah peralihan antara kontinen Asia dengan
Australia.
• Angin muson terjadi karena adanya perbedaan pemanasan bumi antara belahan
bumi utara dan belahan bumi selatan.
• Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober-Februari, sedangkan angin muson
timur terjadi pada bulan April–Agustus.
• Jenis flora yang ada di Indonesia dikelompokkan menjadi empat, yaitu hutan hujan
tropis, hutan musim, hutan bakau, dan sabana dan stepa.
• Jenis flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian barat bercorak Asia, sedangkan
di wilayah Indonesia bagian timur bercorak Australia.
• Jenis-jenis yang ada di wilayah Indonesia adalah tahan humus, tanah vulkanis, tanah
podzol, tanah laterit, tanah pasir, tanah gambut, tanah mergel, tanah kapur, tanah
padas, tanah endapan, dan tanah terrarosa.
Kilasan Materi
14 Sudut Bumi - IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VIII
Setelah kamu mempelajari kondisi fisik wilayah Indonesia, apa yang dapat kamu simpulkan?
Lakukan satu tindakan positif yang berhubungan dengan materi ini di lingkungan sekitarmu!
Hikmah apa yang bisa kamu peroleh dari tindakan tersebut!
Uji Kemampuan
Soal pilihan dan pertanyaan singkat yang
dapat mereview materi yang dipelajari
pada tiap bab.
Ruang Berpikir
Soal-soal aplication, comparing,
suggesting, inquiring, investigating,
understanding, problem solving, reasoning,
dan analysing yang menuntut siswa untuk
berfikir secara logis dan sistematis.
Bab 1 | Kondisi Fisik Wilayah Indonesia 15
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Uji Kemampuan
Ruang Berpikir
1. Akhir-akhir ini kondisi wilayah Indonesia ditempa bencana, mulai dari gelombang
tsunami, gempa, gunung meletus hingga air laut pasang yang terjadi di Jakarta.
Bentuklah kelompok terdiri atas 4–5 orang. Lakukan penelitian mengenai kondisi
wilayah Indonesia saat ini dengan memperhatikan letak astronomis, geografis, dan
geologisnya dengan cara mencari informasi dari surat kabat, televisi, atau sejenisnya.
Presentasikan di depan kelas hasil kerja kelompokmu. Sebagai penutup diskusi
kelompok, berikan saran atau tips untuk mengantisipasi sejak dini terjadinya bencana
seperti gempa atau banjir!
2. Persebaran flora dan fauna di Indonesia dibagi ke dalam tiga wilayah, yaitu wilayah
barat, wilayah tengah, dan wilayah timur. Temukanlah keterkaitan persebaran
flora dan fauna tersebut dengan Wallacea dan Weber!
1. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia
terletak pada posisi sebagai berikut, kecuali
….
a. Samudera Hindia
b. Samudera Atlantik
c. Benua Australia
d. Benua Asia
2. Indonesia terletak di sebelah timur garis
bujur 0° atau di belahan bumi timur. Arti
demikian merupakan ….
a. letak geografis
b. letak astronomis
c. letak geologis
d. letak geografis
6. Tipe vegetasi yang mendominasi wilayah
Indonesia bagian barat, terutama pulau
Sumatra dan pulau Kalimantan adalah
….
a. hutan hujan tropis
b. hutan musim
c. hutan bakau
d. sabana
7. Berbagai jenis hewan di bawah ini
termasuk jenis tipe Asia, kecuali ….
a. harimau
b. gajah
c. rusa
d. kasuari
ix
Kata Pengantar ....................................................... i v
Pemetaan Materi Berdasarkan Standar Isi ............. i v
Bagaimana Menggunakan Buku Ini? ..................... v i
Daftar Isi ................................................................ vi i i
Bab 1 Kondisi Fisik Wilayah Indonesia ............ 1
A. Kondisi Geografis Indonesia ................... 2
B. Hubungan Posisi Geografis Indonesia dengan
Perubahan Musim di Indonesia .................. 4
C. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia .... 8
D. Persebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya
di Indonesia ........................................... 11
Uji Kemampuan ........................................... 15
Bab 2 Permasalahan Kependudukan di Indonesia 17
A. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Pertumbuhan Penduduk ........................... 18
B. Kondisi Penduduk Berdasarkan Grafik
Penduduk .............................................. 28
C. Ledakan Penduduk dan Cara Mengatasinya ... 30
D. Migrasi Penduduk ................................... 31
Uji Kemampuan ........................................... 35
Bab 3 Lingkungan Hidup .................................... 37
A. Unsur-Unsur Lingkungan Hidup ................. 38
B. Arti Penting Lingkungan bagi Kehidupan ..... 40
C. Bentuk-Bentuk Kerusakan Lingkungan ........ 41
D. Usaha-Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup 42
E. Tujuan dan Sasaran Pembangunan Nasional .. 43
F. Hakikat Pembangunan Berwawasan
Lingkungan Hidup .................................. 44
G. Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya
terhadap Lingkungan............................... 45
H. Kualitas Penduduk Indonesia dan
Permasalahannya.................................... 48
I. Faktor-Faktor yang Menentukan Kualitas
Penduduk Suatu Negara ........................... 49
J. Upaya dalam Mengatasi Permasalahan
Kualitas Penduduk di Indonesia ................. 50
Uji Kemampuan ........................................... 53
Daftar Isi
Kata Sambutan ....................................................... i i i
x
Bab 4 Proses Perkembangan Kolonialisme
dan Imperialisme di Indonesia .................. 55
A. Pembentukan Kekuasaan Kolonial dan
Imperialisme Belanda di Indonesia ............. 56
B. Reaksi Rakyat terhadap Pemerintah Kolonial
Belanda ................................................ 63
C. Gerakan Perlawanan Sosial ...................... 68
Uji Kemampuan ........................................... 72
Bab 5 Tumbuh dan Berkembangnya Kesadaran
Nasional ................................................... 75
A. Latar Belakang Lahirnya Nasionalisme ....... 76
B. Lahirnya Kaum Terpelajar ....................... 78
Uji Kemampuan ........................................... 89
Bab 6 Penyimpangan Sosial dalam Keluarga
dan Masyarakat ........................................ 91
A. Pengertian Penyimpangan Sosial ................ 92
B. Kategori Penyimpangan Perilaku ................ 93
C. Bentuk-Bentuk Perilaku Menyimpang .......... 93
D. Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan
Sosial dan Upaya Penanggulangannya ......... 95
Uji Kemampuan ........................................... 99
Bab 7 Sumber Daya dan Kebutuhan Manusia ...... 101
A. Kelangkaan Sumber Daya Alam ................ 102
B. Kebutuhan Hidup Manusia ....................... 104
C. Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan
Setiap Individu ....................................... 109
D. Prioritas Kebutuhan dan Pilihan ................. 110
Uji Kemampuan ........................................... 112
Bab 8 Pelaku Ekonomi ........................................ 115
A. Ekonomi Rumah Tangga .......................... 116
B. Ekonomi Pemerintah ............................... 118
Uji Kemampuan ........................................... 121
Bab 9 Pasar dalam Kegiatan Ekonomi................. 123
A. Pengertian dan Terjadinya Pasar ................ 124
B. Fungsi Pasar .......................................... 125
C. Jenis-Jenis Pasar .................................... 125
D. Arti, Ciri, dan Manfaat Pasar Konkret ........ 130
E. Arti, Ciri, dan Manfaat Pasar Abstrak ........ 131
F. Hubungan Pasar dan Distribusi .................. 133
Uji Kemampuan ........................................... 135
xi
Bab 10 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ......... 137
A. Proses Terbentuknya Republik Indonesia .... 138
B. Hari-Hari Menjelang Proklamasi
17 Agustus 1945 ................................... 142
C. Pembentukan Lembaga-Lembaga
Kelengkapan Negara............................... 147
Uji Kemampuan ........................................... 151
Bab 11 Hubungan Sosial dan Pranata Sosial ......... 153
A. Pengertian Hubungan Sosial ..................... 154
B. Syarat-Syarat Terjadinya Hubungan Sosial
dalam Bentuk Interaksi ............................ 154
C. Kriteria Bentuk Hubungan Sosial ............... 157
D. Pranata Sosial ........................................ 158
E. Fungsi dan Ciri Pranata Sosial ................... 159
F. Jenis-Jenis Pranata Sosial ........................ 160
Uji Kemampuan ........................................... 163
Bab 12 Pengendalian Penyimpangan Sosial ........... 165
A. Pengertian Pengendalian Sosial ................. 166
B. Ruang Lingkup dan Sifat Pengendalian Sosial 166
C. Cara Pengendalian Sosial ......................... 167
D. Sarana Pengendalian Sosial ...................... 168
E. Peran Lembaga/Pranata Sosial ................. 169
Uji Kemampuan ........................................... 171
Bab 13 Ketenagakerjaan di Indonesia ................... 173
A. Pengertian Tenaga Kerja .......................... 174
B. Masalah Angkatan Kerja dan Tenaga
Kerja di Indonesia .................................. 175
C. Pengertian Kesempatan Kerja .................. 177
D. Peranan Pemerintah dalam Permasalahan
Tenaga Kerja ......................................... 177
Uji Kemampuan ........................................... 179
Bab 14 Perekonomian di Indonesia ....................... 181
A. Sistem Ekonomi ..................................... 182
B. Pelaku Ekonomi di Indonesia .................... 184
C. Pajak dalam Perekonomian Nasional .......... 187
Uji Kemampuan ........................................... 194
Bab 15 Permintaan dan Penawaran ....................... 197
A. Permintaan ............................................ 198
B. Penawaran ............................................ 201
C. Harga .................................................. 204
Uji Kemampuan ........................................... 207
Daftar Pustaka......................................................... 209
Kunci Jawaban ........................................................ 210
Glosarium................................................................ 212
xii

IPS

Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-undang
Mari Belajar IPS 1
Untuk SMP/MTs Kelas VII
Penulis : Muh. Nurdin
S.W. Warsito
Muh. Nursa’ban
Editor : Nugrohowati
Perancang Kulit : Gatut P.
Layouter : Lisna Mariadi
Ilustrator : Tri Edie
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm3
372.8
NUR NURDIN, Muh.
m Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII/
Muh. Nurdin, S.W. Warsito, dan Muh. Nursa’ban; editor Nugrohowati.
--Cet 1.--Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
vi, 336 hlm.: ilus.; 25 cm.
Bibliografi : hlm.330 - 331
Indeks. Hlm.332-335
ISBN 979-462-981-2
1. IPS-Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Warsito, S.W. III. Nursa’ban, Muh IV. Nugrohowati
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
Diperbanyak oleh ...
ii Mari Belajar IPS 1 untuk SMP/MTs Kelas VII
Sambutan iii
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat
rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan
Nasional, pada tahun 2008, telah membeli hak cipta buku teks
pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada
masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan
Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar
Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran
yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses
pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
34 Tahun 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya
kepada para penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak
cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan
secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya
kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (down
load), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh
masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang bersifat komersial
harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh
Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih
mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia
maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri dapat memanfaatkan
sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini.
Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah
buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih
perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat
kami harapkan.
Jakarta, Juli 2008
Kepala Pusat Perbukuan
iv
Kami mengucapkan syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT atas nikmat
kesehatan yang diberikanNya sehingga dapat menulis dan menyelesaikan buku Mari
Belajar IPS ini.
Buku pelajaran IPS ini disusun secara berseri mulai jilid 1 sampai jilid 3 untuk
kelas VII sampai kelas IX SMP/MTs. Materi pelajaran ini disusun berdasarkan Standar Isi
Kemampuan Mata Pelajaran IPS SMP/MTs.
Mata pelajaran IPS pada jenjang SMP/MTs memuat materi Geografi, Sejarah,
Sosiologi, dan Ekonomi. Pengajaran IPS ini ditujukan untuk mengembangkan pengetahuan,
pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki
kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Dengan demikian, diharapkan program
pengajaran IPS ini dapat membekali para siswa untuk menjadi warga negara Indonesia
yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk mencapai fungsi pengajaran IPS, ditekankan
pada pencapaian ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Ketiga ranah ini tercermin dari
penguasaan materi pokok, pelaksanaan dan aplikasi materi yang dihubungkan dengan
kehidupan dan lingkungan siswa, serta pelaksanaan norma, etika, dan sikap siswa.
Penyajian buku ini diawali dengan pengantar yang akan mengantarkan siswa
memasuki materi yang akan dibahas, penyajian peta konsep, dan kata kunci dari materi
yang dipelajari. Selanjutnya disajikan uraian materi pokok yang ditunjang jendela info,
info tokoh, contoh-contoh soal, juga soal-soal kerja kelompok untuk melatih siswa
bekerjasama dan menyelesaikan masalah secara kelompok. Ringkasan juga diberikan pada
setiap bab. Sebagai pengukur ketuntasan belajar, siswa diberikan latihan soal-soal pada
setiap bab dan tugas mandiri yang mendorong siswa lebih aktif secara mandiri dalam
menyelesaikan masalah. Refleksipun diberikan sebagai pengukur pemahaman dan
kesulitan siswa saat mempelajari materi. Dengan penyajian buku yang menarik disertai
gambar foto yang mendukung, akan memudahkanmu dalam penguasaan dan penerapan
materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari, serta membuatmu semakin rajin belajar.
Kami menyadari bahwa buku ini perlu disempurnakan, oleh karena itu kritik dan
saran yang sifatnya membangun akan menjadi masukan yang berharga untuk
kesempurnaan buku ini selanjutnya.
Semoga buku ini bermanfaat.
Penulis
Mari Belajar IPS 1 untuk SMP/MTs Kelas VII
v
Kata Sambutan ........................................................................................................................................... iii
Kata Pengantar ........................................................................................................................................... iv
Daftar Isi ...................................................................................................................................................... v
A. Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen ...................................... 3
B. Pengaruh Bentuk Muka Bumi terhadap Kehidupan ................ 24
Latihan ..................................................................................................... 27
A. Pengertian Masa Pra Aksara ........................................................ 31
B. Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada Zaman Pra Aksara 31
Latihan ..................................................................................................... 43
A. Interaksi Sebagai Proses Sosial .................................................... 47
B. Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukan Kepribadian ............ 50
C. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial .................................................... 53
Latihan ..................................................................................................... 59
A. Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral 63
B. Perilaku Manusia dalam Bekerjasama untuk Memenuhi
Kebutuhan Hidupnya ................................................................... 66
C. Perilaku Manusia dalam Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi
Untuk Memenuhi Kebutuhan ...................................................... 69
D. Ilmu Ekonomi ................................................................................. 71
Latihan ..................................................................................................... 75
A. Tindakan dan Motif Ekonomi ...................................................... 79
B. Prinsip Ekonomi ............................................................................. 82
Latihan ..................................................................................................... 86
A. Informasi Keruangan dari Peta, Atlas, dan Globe .................... 91
B. Membuat Sketsa dan Peta Objek Geografi ................................ 104
C. Letak dan Nama (Toponimi) ........................................................ 111
Latihan ..................................................................................................... 113
A. Kaitan Kondisi Alam dan Iklim dengan Kehidupan Penduduk 117
B. Kaitan Kondisi Hidrologis dengan Kehidupan Makhluk Hidup 124
Latihan ..................................................................................................... 125
A. Sifat Fisis Atmosfer ........................................................................ 129
B. Cuaca dan Iklim ............................................................................. 132
Latihan ..................................................................................................... 147
A. Pengertian Hidrosfer ..................................................................... 151
B. Siklus Air ......................................................................................... 152
C. Perairan Darat ................................................................................ 154
D. Perairan Laut .................................................................................. 162
Latihan ..................................................................................................... 169
KERAGAMAN BENTUK
MUKA BUMI
Halaman
1
BAB 1
MASA PRA AKSARA DI
INDONESIA
Halaman
2 9
BAB 2
KEHIDUPAN SOSIAL
MANUSIA
Halaman
4 5
BAB 3
BAB 4
MANUSIA SEBAGAI
MAKHLUK SOSIAL DAN
EKONOMI
Halaman
6 1
BAB 5
TINDAKAN, MOTIF, DAN
PRINSIP EKONOMI
Halaman
7 7
Halaman
8 9
BAB 6
PETA OBJEK GEOGRAFI
BAB 7
KONDISI GEOGRAFIS DAN
PENDUDUK DI
INDONESIA
Halaman
1 1 5
Halaman
1 2 7
BAB 8
ATMOSFER
Halaman
1 4 9
BAB 9
HIDROSFER
BAB 10
PERKEMBANGAN PADA
MASA HINDU-BUDDHA
DI INDONESIA
Halaman
1 7 1
A. Agama Hindu ................................................................................. 173
B. Agama Buddha ............................................................................... 174
C. Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Hindu-Buddha
di Indonesia ..................................................................................... 175
Daftar Isi
vi
A. Awal Penyebaran Islam ................................................................ 195
B. Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Islam di Indonesia 195
C. Peranan Pedagang dan Ulama dala Perkembangan Islam di
Indonesia ......................................................................................... 197
D. Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan
pada Masa Islam di Indonesia ...................................................... 201
E. Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia ........... 205
F. Peninggalan-Peninggalan Bercorak Islam di Indonesia ........... 210
Latihan ..................................................................................................... 215
BAB 11
PERKEMBANGAN PADA
MASA ISLAM DI
INDONESIA
Halaman
1 9 3
A. Peran Indonesia dalam Perdagangan dan Pelayaran antara
Asia dan Eropa ............................................................................... 218
B. Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia .................................... 222
C. Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan
pada Masa Kolonial Eropa ............................................................ 227
Latihan ..................................................................................................... 233
A. Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk ............................................. 237
B. Penggunaan Lahan ........................................................................ 238
C. Pola Pemukiman Penduduk ......................................................... 243
Latihan ..................................................................................................... 247
A. Kegiatan Ekonomi ......................................................................... 251
B. Kegiatan Konsumsi ....................................................................... 252
C. Kegiatan Produksi ......................................................................... 259
D. Kegiatan Distribusi ........................................................................ 268
Latihan ..................................................................................................... 277
A. Pengertian Perusahaan ................................................................. 283
B. Jenis Perusahaan Menurut Lapangan Usahanya ...................... 283
C. Pengertian Badan Usaha ............................................................... 285
D. Macam-Macam Badan Usaha ....................................................... 287
E. Kedudukan Badan Usaha dan Perusahaan ................................ 295
F. Pengelolaan Badan Usaha ............................................................. 297
G. Fungsi Badan Usaha ...................................................................... 298
H. Peran Badan Usaha dalam Perekonomian Nasional ................ 300
Latihan ..................................................................................................... 303
BAB 12
MASA KOLONIAL EROPA
DI INDONESIA
Halaman
2 1 7
BAB 13
POLA KEGIATAN
EKONOMI Halaman
2 3 5
A. Pengertian Kreativitas .................................................................. 307
B. Ciri-Ciri Orang Kreatif .................................................................. 308
C. Pengembangan Kreativitas .......................................................... 311
D. Hasil Kreativitas dan Inovasi di Bidang Produksi ..................... 313
E. Kemandirian ................................................................................... 315
F. Kewirausahaan ............................................................................... 316
Latihan ..................................................................................................... 323
BAB 14
KEGIATAN POKOK
EKONOMI Halaman
2 4 9
BAB 15
PERUSAHAAN DAN
BADAN USAHA Halaman
2 8 1
BAB 16
KREATIVITAS DALAM
KEHIDUPAN EKONOMI Halaman
3 0 5
D. Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan
pada Masa Hindu-Buddha di Indonesia ..................................... 176
E. Peninggalan-Peninggalan Sejarah Kerajaan yang Bercorak
Hindu-Buddha di Berbagai Daerah ............................................. 186
Latihan ..................................................................................................... 191
Glosarium .................................................................................................................................................... 325
Daftar Pustaka ............................................................................................................................................ 330
Indeks Subjek .............................................................................................................................................. 332
Indeks Orang .............................................................................................................................................. 335
Mari Belajar IPS 1 untuk SMP/MTs Kelas VII

belajar ipa

i
ii
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-undang
Belajar IPA
Membuka Cakrawala Alam Sekitar
untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Penulis : Saeful Karim
I
da Kaniawati
Y
uli Nurul Fauziah
W
ahyu Sopandi
Penyunting : Tim Editor PT. Setia Purna Inves
Perancang Kulit : Tim Desainer PT. Setia Purna Inves
Tata Letak : Tim Layouter PT. Setia Purna Inves
Ilustrasi : Tim Ilustrator PT. Setia Purna Inves
Ukuran Buku : 17,6 × 25 cm
500.7
BEL KARIM, Saeful
b Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/ SMP/MTs
Saeful Karim ... [et.al.] – Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
vi. 338 hlm: ilus: 25 cm
Bibliografi: hlm 338
Indeks
ISBN 979-362-976-6
1. Sains-Studi dan Pengajaran I. Judul II. Kaniawati, Ida III. Fauziah, Yuli Nurul
IV. Sopandi, Wahyu
Hak Cipta Buku ini dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional
dari Penerbit PT. Setia Purna Inves
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
Diperbanyak oleh ...
iii
Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2008, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (down load), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.
J
akarta, Juli 2008
K
epala Pusat Perbukuan
iv
Sampai saat ini, dunia pendidikan di negara kita terus berkembang seiring perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Oleh karena itu, penyajian ilmu pengetahuan di setiap satuan pendidikan harus mampu mencakup semua perubahan yang terjadi.
Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar ini disusun untuk menjadi pendukung pembelajaran IPA tingkat Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Setiap siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep utama dari setiap materi, serta mengetahui korelasinya dengan kehidupan sehari-hari.
Penyajian materi dalam buku ini juga dibuat secara sistematis, komunikatif, dan integratif sehingga siswa dapat memahami isi dari buku ini secara mudah dan terorganisir.
Demikianlah persembahan buku ini dari kami dan merupakan tindakan yang tepat jika kamu menggunakan buku ini sebagai teman dalam memahami IPA. Selamat belajar.
PenulisKata Pengantar
v
Daftar Isi
Kata Sambutan........................................................................................................................................................ iii
Kata Pengantar........................................................................................................................................................ iv
Bab 1 Pertumbuhan
dan Perkembangan
A. Pertumbuhan dan Perkembangan....... 3
B. Tahapan Perkembangan Manusia....... 8
Rangkuman.................................................. 14
Tes Kompetensi Bab 1.............................. 15
Bab 2 Sistem Gerak pada Manusia
A. Sistem Gerak............................................... 19
B. Tulang Penyusun Rangka Tubuh.......... 20
C. Macam-Macam Tulang............................ 24
D. Persendian.................................................... 26
E. Otot................................................................. 29
F. Gangguan pada Sistem Gerak............... 31
Rangkuman.................................................. 34
Tes Kompetensi Bab 2.............................. 35
Bab 3 Sistem Pencernaan
pada Manusia
A. Makanan dan Fungsinya......................... 39
B. Organ-Organ Pencernaan....................... 43
C. Gangguan pada Sistem Pencernaan... 50
Rangkuman.................................................. 52
Tes Kompetensi Bab 3.............................. 53
Bab 4 Sistem Pernapasan
pada Manusia
A. Organ-Organ Pernapasan....................... 57
B. Proses Pernapasan.................................... 60
C. Gangguan pada Sistem Pernapasan... 64
Rangkuman.................................................. 66
Tes Kompetensi Bab 4.............................. 67
Bab 5 Sistem Peredaran Darah
pada Manusia
A. Darah.............................................................. 71
B. Alat Peredaran Darah............................... 75
C. Gangguan pada Sistem
Peredaran Darah........................................ 81
Rangkuman.................................................. 84
Tes Kompetensi Bab 5.............................. 85
Bab 6 Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
A. Struktur Tumbuhan.................................. 89
B. Pengangkutan Air pada Tumbuhan.... 97
C. Cara Tumbuhan
Memperoleh Energi................................... 99
D. Macam-Macam Gerak pada
Tumbuhan.................................................... 102
E. Hama dan Penyakit pada
Tumbuhan.................................................... 104
Rangkuman.................................................. 106
Soal Materi Bab 6....................................... 107
Bab 7 Atom, Ion, dan Molekul
A. Atom............................................................... 112
B. Molekul.......................................................... 117
C. Ion................................................................... 119
Rangkuman.................................................. 122
Tes Kompetensi Bab 7.............................. 123
Bab 8 Bahan Kimia dalam Kehidupan
A. Bahan Kimia yang Ada di Rumah........ 127
B. Zat Aditif dalam Bahan Makanan........ 132
C. Zat Adiktif dan Psikotropika.................. 140
Rangkuman.................................................. 147
Tes Kompetensi Bab 8.............................. 148
Kegiatan Semester 1........................................... 150 Tes Kompetensi Semester 1............................. 151
Bab 9 Gaya dan Penerapannya
A. Pengertian Gaya......................................... 157
B. Jenis-Jenis Gaya.......................................... 159
C. Mengukur Gaya.......................................... 161
D. Penjumlahan Gaya dan Pengaruhnya
pada Benda.................................................. 162
E. Hukum-Hukum Newton.......................... 165
F. Gaya Gesek................................................... 174
Rangkuman.................................................. 178
Tes Kompetensi Bab 9.............................. 179
vi
Bab 10 Energi dan Perubahannya
A. Pengertian Energi...................................... 183
B. Bentuk-Bentuk Energi.............................. 184
C. Perubahan Bentuk-Bentuk Energi....... 189
D. Hukum Kekekalan Energi....................... 191
E, Usaha.............................................................. 192
F. Hubungan antara Usaha dan Energi... 195
g. Pesawat Sederhana................................... 196
Rangkuman.................................................. 204
Tes Kompetensi Bab 10............................ 205
Bab 11 Tekanan
A. Pengertian Tekanan.................................. 209
B. Tekanan pada Zat Padat......................... 210
C. Tekanan pada Zat Cair............................ 212
D. Tekanan Udara ........................................... 226
Rangkuman.................................................. 232 Tes Kompetensi Bab11............................. 233
Bab 12 Getaran dan Gelombang
A. Pengertian Getaran................................... 237
B. Ciri-Ciri Suatu Getaran ........................... 238
C. Pengertian Gelombang............................ 240
D. Gelombang Mekanik Memerlukan Medium untuk Merambat...................... 242
E. Panjang Gelombang.................................. 245
F. Cepat Rambat Gelombang..................... 247
G. Pemantulan Gelombang.......................... 248
Rangkuman.................................................. 250
Tes Kompetensi Bab 12............................ 251
Bab 13 Bunyi
A. Pengertian Bunyi........................................ 255
B. Nada............................................................... 262
C. Resonansi..................................................... 265
D. Pemantulan Gelombang Bunyi............. 267
Rangkuman.................................................. 270
Tes Kompetensi Bab 13............................ 271
Bab 14 Cahaya
A. Pengertian Cahaya.................................... 275
B. Pemantulan Cahaya.................................. 277
C. Cermin dan Sifat Bayangan.................... 280
D. Pembiasan Cahaya.................................... 290
E. Lensa.............................................................. 294
F. Bayangan pada Lensa............................... 297
G. Dispersi Cahaya.......................................... 302
Rangkuman.................................................. 304
Tes Kompetensi Bab 14............................ 305
Bab 15 Alat Optik
A. Mata................................................................ 309
B. Kamera.......................................................... 313
C. Lup.................................................................. 315
D. Mikroskop..................................................... 315
E. Periskop......................................................... 316
Rangkuman.................................................. 318 Tes Kompetensi Bab 15............................ 319
Kegiatan Semester 2........................................... 321 Tes Kompetensi Semester 2............................. 322
Tes Kompetensi Akhir Tahun.......................... 325
Kunci Jawaban...................................................... 328
Daftar Istilah......................................................... 334
Indeks...................................................................... 337 Daftar Pustaka...................................................... 338

Selasa, 20 Maret 2012

Penulis
Adi Setiyawan
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa
Desain Sampul
Henry Nur Patria
Setting/Tata Letak
Nety Kurniasih
Sri Sugiyarni
Mardi Winarno
Ukuran Buku
17,6 x 25 cm

Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010
Diperbanyak oleh ...

SINOPSIS

Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan
pelajaran dasar yang dapat membantu siswa menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi. Siswa diharapkan dapat menguasai
serta mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
yang sedang berkembang saat ini. Dengan demikian siswa
dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk
mendukung kegiatan belajar serta melakukan berbagai aktivitas dalam
kehidupan sehari-hari. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi
untuk SMP/MTs Kelas IX ini disusun untuk memenuhi harapan
tersebut.

Buku Penjas

Hak Cipta buku ini pada Kementerian Pendidikan Nasional.
Dilindungi Undang-undang

Disusun oleh:
Atmaja Budi Sarjana
Bambang Trijono Joko Sunarto
Editor : Bambang Trijono Joko Sunarto
Design Cover : Desteka
Setting/Layout : Esti Pertiwi
Ukuruan Buku : 17,6 x 25 cm

Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010
Diperbanyak Oleh ........

SINOPSIS

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang
memanfaatkan aktivitas jasmani dan membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari. Setelah mempelajari materi-materi dalam buku ini, diharapkan siswa dapat
meniru aktivitas jasmani dan kesehatan yang ada di dalamnya. Selain materi, buku ini
juga dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi tematik tentang proses pembelajaran beserta
gerakan-gerakannya. Diharapkan, gambar dan ilustrasi tersebut mempermudah siswa
untuk mempelajari materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan secara benar.