Sabtu, 24 Maret 2012

Sudut Bumi IPS Terpadu


ii
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang -undang
Sudut Bumi
IPS Terpadu u ntuk SM P/MTs Ke las VII I
Penulis : Kurtubi
Penyu nting : Tim Guru IPS Internat Al Kautsar
Aji Marwonto Ar is Munan dar
Arif Budiman
Bah ar Sungk ono
Pen ata Letak : Wahdit amam
Desain Sampul : Irfansyah
Ukuran : 17,6 X 25 cm
300.7
KUR KURTUBI
i Sud ut Bumi IPS Terpadu : untuk SMP dan
MTs Ke las VIII/penu lis,
Kurtubi ; penyunting Tim Guru IPS Internal
A l kautsar⁄[ et a l]. ·
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pend id i k a n Nasio n al, 2009.
xi, 215 hlm. : ilus. ; 25
cm.
Bib liogr afi : hlm. 20 9
Ind eks
ISBN 978-979-068-686-1 (no .jilid lengkap)
ISBN 978-979-068-688-5
1. Ilmu-ilmu Sosial - Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Tim Guru IPS Internal Al kautsar
Hak Cipta Buku ini dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional
dari Penerbit LEUSER CITA PUSTAKA
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2009
Diperbanyak oleh...
iii
Kata Sambutan
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya,
Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2009, telah
membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan
kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan
telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk
digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 81 Tahun 2008 tanggal 11 Desember 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis/
penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Departemen
Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh
Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepada Departemen
Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak,
dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang
bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan
oleh Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses
sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada
di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para siswa
kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami
menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran
dan kritik sangat kami harapkan.
Jakarta, Juni 2009
Kepala Pusat Perbukuan
iv
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME yang
senantiasa mencurahkan nikmat hidup, rahmat, dan kasih sayangNya.
“Sudut Bumi” mengkaji bumi beserta isi dan kehidupannya dari
berbagai sudut. Apabila kita intip bumi dari lubang yang sangat kecil,
ternyata Tuhan YME bisa menampakkan keluasan dan kebesaranNya
hanya dengan sebelah mata saja. Jika diibaratkan lubang itu adalah
teropong, maka kemahaluasan Tuhan tak terhingga. Begitu juga
dengan ilmu. Tuhan senantiasa memanjangkan ilmu sampai tak
terhingga supaya manusia senantiasa pula mensyukurinya dengan akal
sehingga apa yang ditemukan dari sebuah ilmu merupakan hasil dari
penelusurannya yang panjang, dan manusia tidak akan melupakannya,
bahkan semakin menyadari bahwa manusia itu kecil di mata Tuhan
Yang Maha Esa.
“Sudut Bumi” merupakan buku pengayaan atau pendamping
buku IPS Terpadu yang mengkaji ilmu pengetahuan sosial. Dalam
penulisan, buku ini tetap mengacu pada Standar Isi sehingga mudah
bagi pembaca, khususnya siswa, untuk mempelajarinya. Buku ini bukan
melakukan pembenaran atau penyalahan kepada sebuah ilmu, tetapi
buku ini ingin menyajikan bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam
semesta ini tidak bisa lepas dari pengawasan Tuhan YME.
Semoga “Sudut Bumi” bermanfaat dan menambah kecintaan
pembaca, khususnya pelajar terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Pencipta.
Jakarta, Februari 2008
v
Pemetaan Materi
Berdasarkan Standar Isi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama
Kelas : VIII
Materi Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Semester 1
Bab 1
Kondisi Fisik Wilayah
Indonesia
Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk.
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah
dan penduduk.
Bab 2
Permasalahan
Kependudukan di
Indonesia
Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk.
Mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya
penanggulangannya.
Bab 3
Lingkungan Hidup
Memahami permasalahan sosial
berkaitan dengan pertumbuhan
jumlah penduduk.
• Mendeskripsikan permasalahan
lingkungan hidup dan upaya
penanggulangannya dalam
pembangunan berkelanjutan.
• Mendeskripsikan permasalahan
kependudukan dan dampaknya
terhadap pembangunan.
Bab 4
Proses Perkembangan
Kolonialisme dan
Imperialisme di Indonesia
Memahami proses kebangkitan
nasional.
Menjelaskan proses perkembangan
kolonialisme dan imperialisme Barat,
serta pengaruh yang ditimbulkannya di
berbagai daerah.
Bab 5
Tumbuh dan
Berkembangnya
Kesadaran Nasional
Memahami proses kebangkitan
nasional.
Menguraikan proses terbentuknya
kesadaran nasional, identitas Indonesia,
dan perkembangan pergerakan
kebangsaan Indonesia.
Bab 6
Penyimpangan Sosial
dalam Keluarga dan
Masyarakat
Memahami masalah penyimpangan
sosial.
• Mengidentifikasi berbagai penyakit
sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids,
PSK, dan sebagainya) sebagai akibat
penyimpangan sosial dalam keluarga
dan masyarakat.
• Mengidentifikasi berbagai upaya
pencegahan penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat.
Bab 7
Sumber Daya dan
Kebutuhan Manusia
Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat.
Mendeskripsikan hubungan antara
kelangkaan sumber daya dengan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
vi
Bab 8
Pelaku Ekonomi
Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat.
Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah
tangga, masyarakat, perusahaan,
koperasi, dan negara.
Bab 9
Pasar dalam Kegiatan
Ekonomi
Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam
kegiatan ekonomi masyarakat.
Materi Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Semester 2
Bab 10
Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia
Memahami usaha persiapan
kemerdekaan.
• Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
sekitar proklamasi dan proses
terbentuknya negara kesatuan Republik
Indonesia.
• Menjelaskan proses persiapan
kemerdekaan Indonesia.
Bab 11
Hubungan Sosial dan
Pranata Sosial
Memahami pranata dan
penyimpangan sosial.
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk
hubungan sosial.
• Mendeskripsikan pranata sosial dalam
kehidupan masyarakat.
Bab 12
Pengendalian
Penyimpangan Sosial
Memahami pranata dan
penyimpangan sosial.
Mendeskripsikan upaya pengendalian
penyimpangan sosial.
Bab 13
Ketenagakerjaan di
Indonesia
Memahami kegiatan perekonomian
Indonesia.
Mendeskripsikan permasalahan angkatan
kerja dan tenaga kerja sebagai sumber
daya dalam kegiatan ekonomi, serta
peranan pemerintah dalam upaya
penanggulangannya
Bab 14
Sistem Perekonomian di
Indonesia
Memahami kegiatan perekonomian
Indonesia.
• Mendeskripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekonomian
Indonesia.
• Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional.
Bab 15
Permintaan dan
Penawaran
Memahami kegiatan perekonomian
Indonesia.
• Mendeskripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuknya harga
pasar.
vii
Bab 1 | Kondisi Fisik Wilayah Indonesia 1
Kondisi Fisik
Wilayah Indonesia
Standar Kompetensi:
Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar:
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.
Kondisi Fisik Wilayah Indonesia
Peta Konsep
Peta Konsep
Kondisi geografis
Indonesia
Hubungan
posisi geografis Indonesia
dengan perubahan musim
di Indonesia
• Letak astronomis
• Letak geografis
• Letak geologis • Angin muson
• Faktor penyebab
Terjadinya perubahan
musim di Indonesia
Bab 11
Persebaran flora dan fauna
serta kaitannya dengan Garis
WallaceadanWeber
• Flora di Indonesia
• Persebaran flora dan fauna
di Indonesia
Persebaran jenis tanah
dan pemanfaatannya di
Indonesia
• Tanah
• Persebaran flora dan
fauna di Indonesia
Bagaimana Menggunakan
Buku Ini?
Adik-adikku, agar kamu lebih mudah untuk mempelajari buku ini, mari
kita lihat terlebih dahulu petunjuk bagaimana menggunakan buku ini.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa
setelah mempelajari bab tersebut.
Peta Konsep
Diagram yang menunjukkan struktur konsep
dalam bab tersebut
Highlight, yang perlu diketahui oleh
pembaca dari halaman tersebut.
Aktivitas Siswa,
merupakan contextual problem yang
harus diselesaikan siswa dengan cara
berpikir kritis terhadap
permasalahan yang disajikan.
Gambar 1.4 Letak geologis Indonesia
Sumber: image.google.com
Australia yang menuju arah utara atau barat. Kapal dari
samudera Pasifik menuju Samudera Hindia juga melalui perairan
Indonesia. Letak Indonesia tersebut berada pada posisi silang sehingga
merupakan persimpangan jalur lalu lintas internasional, baik lalu
lintas ekonomi dan perdagangan maupun jalur pertukaran budaya.
3 . Letak Geologis
Letak geologis, yaitu letak suatu daerah atau negara
berdasarkan lapisan batuannya. Berdasarkan lapisan batuannya,
Indonesia bagian barat (Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan pulaupulau
sekitarnya), termasuk bagian dari kontinen Asia, dan Indonesia
bagian timur (Irian Jaya dan Maluku ke utara) termasuk bagian dari
kontinen Australia. Sedangkan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat,
dan Nusa Tenggara Timur merupakan daerah peralihan antara
kontinen Asia dengan Australia.
4 Sudut Bumi - IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VIII
Mengingat posisi silang
Indonesia berdasarkan
letak geografis,
tentunya banyak
budaya luar yang
masuk ke Indonesia
tanpa disaring terlebih
dahulu. Sebagai
pelajar, coba kamu
pikirkan antisipasi apa
yang harus kamu
lakukan supaya
pengaruh budaya dari
luar yang buruk tidak
mempengaruhi
kebudayaan Indonesia,
khususnya kebudayaan
di sekitarmu!
“ “
“ “
Ditinjau dari sudut
ekonomi, letak
geografis Indonesia
dapat mendatangkan
keuntungan.
A k t i v i t a s
S i s w a
Laut dangkal di Indonesia bagian barat disebut Dangkalan
Sunda dan dipisahkan dari Indonesia tengah oleh garis Wallacea.
Laut dangkal di Indonesia timur disebut Dangkalan Sahul, dan
dipisahkan dari Indonesia bagian tengah oleh garis Weber. Kamu
akan mema-hami lebih dalam pembahasan garis Wallacea dan
garis Weber pada pembahasan flora dan fauna.
B . Hubungan Posisi Geografis Indonesia
dengan Perubahan Musim di Indonesia
Posisi Indonesia secara geografis sangat berpengaruh terhadap
perubahan musim yang terjadi di Indonesia, baik secara langsung
maupun tidak langsung. Pengaruh-pengaruh tersebut antara lain:
viii
Kilasan Materi, ringkasan dari materi
yang dipelajari
Refleksi, pencerminan dari semua
materi yang dipelajari dari setiap bab,
dapat berupa hikmah maupun
pencerminan dari bab tersebut yang
perlu kamu kembangkan.
• Letak astronomis Indonesia adala 91° BT – 141° BT dan 6° LU – 11° LS.
• Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta
di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
• Letak geologis adalah letak suatu daerah atau negara berdasarkan lapisan batuannya.
• Secara geologis, Indonesia merupakan daerah peralihan antara kontinen Asia dengan
Australia.
• Angin muson terjadi karena adanya perbedaan pemanasan bumi antara belahan
bumi utara dan belahan bumi selatan.
• Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober-Februari, sedangkan angin muson
timur terjadi pada bulan April–Agustus.
• Jenis flora yang ada di Indonesia dikelompokkan menjadi empat, yaitu hutan hujan
tropis, hutan musim, hutan bakau, dan sabana dan stepa.
• Jenis flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian barat bercorak Asia, sedangkan
di wilayah Indonesia bagian timur bercorak Australia.
• Jenis-jenis yang ada di wilayah Indonesia adalah tahan humus, tanah vulkanis, tanah
podzol, tanah laterit, tanah pasir, tanah gambut, tanah mergel, tanah kapur, tanah
padas, tanah endapan, dan tanah terrarosa.
Kilasan Materi
14 Sudut Bumi - IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VIII
Setelah kamu mempelajari kondisi fisik wilayah Indonesia, apa yang dapat kamu simpulkan?
Lakukan satu tindakan positif yang berhubungan dengan materi ini di lingkungan sekitarmu!
Hikmah apa yang bisa kamu peroleh dari tindakan tersebut!
Uji Kemampuan
Soal pilihan dan pertanyaan singkat yang
dapat mereview materi yang dipelajari
pada tiap bab.
Ruang Berpikir
Soal-soal aplication, comparing,
suggesting, inquiring, investigating,
understanding, problem solving, reasoning,
dan analysing yang menuntut siswa untuk
berfikir secara logis dan sistematis.
Bab 1 | Kondisi Fisik Wilayah Indonesia 15
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Uji Kemampuan
Ruang Berpikir
1. Akhir-akhir ini kondisi wilayah Indonesia ditempa bencana, mulai dari gelombang
tsunami, gempa, gunung meletus hingga air laut pasang yang terjadi di Jakarta.
Bentuklah kelompok terdiri atas 4–5 orang. Lakukan penelitian mengenai kondisi
wilayah Indonesia saat ini dengan memperhatikan letak astronomis, geografis, dan
geologisnya dengan cara mencari informasi dari surat kabat, televisi, atau sejenisnya.
Presentasikan di depan kelas hasil kerja kelompokmu. Sebagai penutup diskusi
kelompok, berikan saran atau tips untuk mengantisipasi sejak dini terjadinya bencana
seperti gempa atau banjir!
2. Persebaran flora dan fauna di Indonesia dibagi ke dalam tiga wilayah, yaitu wilayah
barat, wilayah tengah, dan wilayah timur. Temukanlah keterkaitan persebaran
flora dan fauna tersebut dengan Wallacea dan Weber!
1. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia
terletak pada posisi sebagai berikut, kecuali
….
a. Samudera Hindia
b. Samudera Atlantik
c. Benua Australia
d. Benua Asia
2. Indonesia terletak di sebelah timur garis
bujur 0° atau di belahan bumi timur. Arti
demikian merupakan ….
a. letak geografis
b. letak astronomis
c. letak geologis
d. letak geografis
6. Tipe vegetasi yang mendominasi wilayah
Indonesia bagian barat, terutama pulau
Sumatra dan pulau Kalimantan adalah
….
a. hutan hujan tropis
b. hutan musim
c. hutan bakau
d. sabana
7. Berbagai jenis hewan di bawah ini
termasuk jenis tipe Asia, kecuali ….
a. harimau
b. gajah
c. rusa
d. kasuari
ix
Kata Pengantar ....................................................... i v
Pemetaan Materi Berdasarkan Standar Isi ............. i v
Bagaimana Menggunakan Buku Ini? ..................... v i
Daftar Isi ................................................................ vi i i
Bab 1 Kondisi Fisik Wilayah Indonesia ............ 1
A. Kondisi Geografis Indonesia ................... 2
B. Hubungan Posisi Geografis Indonesia dengan
Perubahan Musim di Indonesia .................. 4
C. Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia .... 8
D. Persebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya
di Indonesia ........................................... 11
Uji Kemampuan ........................................... 15
Bab 2 Permasalahan Kependudukan di Indonesia 17
A. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Pertumbuhan Penduduk ........................... 18
B. Kondisi Penduduk Berdasarkan Grafik
Penduduk .............................................. 28
C. Ledakan Penduduk dan Cara Mengatasinya ... 30
D. Migrasi Penduduk ................................... 31
Uji Kemampuan ........................................... 35
Bab 3 Lingkungan Hidup .................................... 37
A. Unsur-Unsur Lingkungan Hidup ................. 38
B. Arti Penting Lingkungan bagi Kehidupan ..... 40
C. Bentuk-Bentuk Kerusakan Lingkungan ........ 41
D. Usaha-Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup 42
E. Tujuan dan Sasaran Pembangunan Nasional .. 43
F. Hakikat Pembangunan Berwawasan
Lingkungan Hidup .................................. 44
G. Permasalahan Kependudukan dan Dampaknya
terhadap Lingkungan............................... 45
H. Kualitas Penduduk Indonesia dan
Permasalahannya.................................... 48
I. Faktor-Faktor yang Menentukan Kualitas
Penduduk Suatu Negara ........................... 49
J. Upaya dalam Mengatasi Permasalahan
Kualitas Penduduk di Indonesia ................. 50
Uji Kemampuan ........................................... 53
Daftar Isi
Kata Sambutan ....................................................... i i i
x
Bab 4 Proses Perkembangan Kolonialisme
dan Imperialisme di Indonesia .................. 55
A. Pembentukan Kekuasaan Kolonial dan
Imperialisme Belanda di Indonesia ............. 56
B. Reaksi Rakyat terhadap Pemerintah Kolonial
Belanda ................................................ 63
C. Gerakan Perlawanan Sosial ...................... 68
Uji Kemampuan ........................................... 72
Bab 5 Tumbuh dan Berkembangnya Kesadaran
Nasional ................................................... 75
A. Latar Belakang Lahirnya Nasionalisme ....... 76
B. Lahirnya Kaum Terpelajar ....................... 78
Uji Kemampuan ........................................... 89
Bab 6 Penyimpangan Sosial dalam Keluarga
dan Masyarakat ........................................ 91
A. Pengertian Penyimpangan Sosial ................ 92
B. Kategori Penyimpangan Perilaku ................ 93
C. Bentuk-Bentuk Perilaku Menyimpang .......... 93
D. Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan
Sosial dan Upaya Penanggulangannya ......... 95
Uji Kemampuan ........................................... 99
Bab 7 Sumber Daya dan Kebutuhan Manusia ...... 101
A. Kelangkaan Sumber Daya Alam ................ 102
B. Kebutuhan Hidup Manusia ....................... 104
C. Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan
Setiap Individu ....................................... 109
D. Prioritas Kebutuhan dan Pilihan ................. 110
Uji Kemampuan ........................................... 112
Bab 8 Pelaku Ekonomi ........................................ 115
A. Ekonomi Rumah Tangga .......................... 116
B. Ekonomi Pemerintah ............................... 118
Uji Kemampuan ........................................... 121
Bab 9 Pasar dalam Kegiatan Ekonomi................. 123
A. Pengertian dan Terjadinya Pasar ................ 124
B. Fungsi Pasar .......................................... 125
C. Jenis-Jenis Pasar .................................... 125
D. Arti, Ciri, dan Manfaat Pasar Konkret ........ 130
E. Arti, Ciri, dan Manfaat Pasar Abstrak ........ 131
F. Hubungan Pasar dan Distribusi .................. 133
Uji Kemampuan ........................................... 135
xi
Bab 10 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ......... 137
A. Proses Terbentuknya Republik Indonesia .... 138
B. Hari-Hari Menjelang Proklamasi
17 Agustus 1945 ................................... 142
C. Pembentukan Lembaga-Lembaga
Kelengkapan Negara............................... 147
Uji Kemampuan ........................................... 151
Bab 11 Hubungan Sosial dan Pranata Sosial ......... 153
A. Pengertian Hubungan Sosial ..................... 154
B. Syarat-Syarat Terjadinya Hubungan Sosial
dalam Bentuk Interaksi ............................ 154
C. Kriteria Bentuk Hubungan Sosial ............... 157
D. Pranata Sosial ........................................ 158
E. Fungsi dan Ciri Pranata Sosial ................... 159
F. Jenis-Jenis Pranata Sosial ........................ 160
Uji Kemampuan ........................................... 163
Bab 12 Pengendalian Penyimpangan Sosial ........... 165
A. Pengertian Pengendalian Sosial ................. 166
B. Ruang Lingkup dan Sifat Pengendalian Sosial 166
C. Cara Pengendalian Sosial ......................... 167
D. Sarana Pengendalian Sosial ...................... 168
E. Peran Lembaga/Pranata Sosial ................. 169
Uji Kemampuan ........................................... 171
Bab 13 Ketenagakerjaan di Indonesia ................... 173
A. Pengertian Tenaga Kerja .......................... 174
B. Masalah Angkatan Kerja dan Tenaga
Kerja di Indonesia .................................. 175
C. Pengertian Kesempatan Kerja .................. 177
D. Peranan Pemerintah dalam Permasalahan
Tenaga Kerja ......................................... 177
Uji Kemampuan ........................................... 179
Bab 14 Perekonomian di Indonesia ....................... 181
A. Sistem Ekonomi ..................................... 182
B. Pelaku Ekonomi di Indonesia .................... 184
C. Pajak dalam Perekonomian Nasional .......... 187
Uji Kemampuan ........................................... 194
Bab 15 Permintaan dan Penawaran ....................... 197
A. Permintaan ............................................ 198
B. Penawaran ............................................ 201
C. Harga .................................................. 204
Uji Kemampuan ........................................... 207
Daftar Pustaka......................................................... 209
Kunci Jawaban ........................................................ 210
Glosarium................................................................ 212
xii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar