Sabtu, 24 Maret 2012

IPS

Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional
Dilindungi Undang-undang
Mari Belajar IPS 1
Untuk SMP/MTs Kelas VII
Penulis : Muh. Nurdin
S.W. Warsito
Muh. Nursa’ban
Editor : Nugrohowati
Perancang Kulit : Gatut P.
Layouter : Lisna Mariadi
Ilustrator : Tri Edie
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm3
372.8
NUR NURDIN, Muh.
m Mari Belajar IPS 1: untuk SMP/MTs kelas VII/
Muh. Nurdin, S.W. Warsito, dan Muh. Nursa’ban; editor Nugrohowati.
--Cet 1.--Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
vi, 336 hlm.: ilus.; 25 cm.
Bibliografi : hlm.330 - 331
Indeks. Hlm.332-335
ISBN 979-462-981-2
1. IPS-Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Warsito, S.W. III. Nursa’ban, Muh IV. Nugrohowati
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2008
Diperbanyak oleh ...
ii Mari Belajar IPS 1 untuk SMP/MTs Kelas VII
Sambutan iii
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat
rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan
Nasional, pada tahun 2008, telah membeli hak cipta buku teks
pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada
masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan
Nasional.
Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar
Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran
yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses
pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
34 Tahun 2008.
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya
kepada para penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak
cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan
secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh Indonesia.
Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya
kepada Departemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (down
load), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh
masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang bersifat komersial
harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh
Pemerintah. Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih
mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia
maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri dapat memanfaatkan
sumber belajar ini.
Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini.
Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah
buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih
perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat
kami harapkan.
Jakarta, Juli 2008
Kepala Pusat Perbukuan
iv
Kami mengucapkan syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT atas nikmat
kesehatan yang diberikanNya sehingga dapat menulis dan menyelesaikan buku Mari
Belajar IPS ini.
Buku pelajaran IPS ini disusun secara berseri mulai jilid 1 sampai jilid 3 untuk
kelas VII sampai kelas IX SMP/MTs. Materi pelajaran ini disusun berdasarkan Standar Isi
Kemampuan Mata Pelajaran IPS SMP/MTs.
Mata pelajaran IPS pada jenjang SMP/MTs memuat materi Geografi, Sejarah,
Sosiologi, dan Ekonomi. Pengajaran IPS ini ditujukan untuk mengembangkan pengetahuan,
pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki
kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Dengan demikian, diharapkan program
pengajaran IPS ini dapat membekali para siswa untuk menjadi warga negara Indonesia
yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk mencapai fungsi pengajaran IPS, ditekankan
pada pencapaian ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Ketiga ranah ini tercermin dari
penguasaan materi pokok, pelaksanaan dan aplikasi materi yang dihubungkan dengan
kehidupan dan lingkungan siswa, serta pelaksanaan norma, etika, dan sikap siswa.
Penyajian buku ini diawali dengan pengantar yang akan mengantarkan siswa
memasuki materi yang akan dibahas, penyajian peta konsep, dan kata kunci dari materi
yang dipelajari. Selanjutnya disajikan uraian materi pokok yang ditunjang jendela info,
info tokoh, contoh-contoh soal, juga soal-soal kerja kelompok untuk melatih siswa
bekerjasama dan menyelesaikan masalah secara kelompok. Ringkasan juga diberikan pada
setiap bab. Sebagai pengukur ketuntasan belajar, siswa diberikan latihan soal-soal pada
setiap bab dan tugas mandiri yang mendorong siswa lebih aktif secara mandiri dalam
menyelesaikan masalah. Refleksipun diberikan sebagai pengukur pemahaman dan
kesulitan siswa saat mempelajari materi. Dengan penyajian buku yang menarik disertai
gambar foto yang mendukung, akan memudahkanmu dalam penguasaan dan penerapan
materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari, serta membuatmu semakin rajin belajar.
Kami menyadari bahwa buku ini perlu disempurnakan, oleh karena itu kritik dan
saran yang sifatnya membangun akan menjadi masukan yang berharga untuk
kesempurnaan buku ini selanjutnya.
Semoga buku ini bermanfaat.
Penulis
Mari Belajar IPS 1 untuk SMP/MTs Kelas VII
v
Kata Sambutan ........................................................................................................................................... iii
Kata Pengantar ........................................................................................................................................... iv
Daftar Isi ...................................................................................................................................................... v
A. Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen ...................................... 3
B. Pengaruh Bentuk Muka Bumi terhadap Kehidupan ................ 24
Latihan ..................................................................................................... 27
A. Pengertian Masa Pra Aksara ........................................................ 31
B. Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada Zaman Pra Aksara 31
Latihan ..................................................................................................... 43
A. Interaksi Sebagai Proses Sosial .................................................... 47
B. Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukan Kepribadian ............ 50
C. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial .................................................... 53
Latihan ..................................................................................................... 59
A. Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral 63
B. Perilaku Manusia dalam Bekerjasama untuk Memenuhi
Kebutuhan Hidupnya ................................................................... 66
C. Perilaku Manusia dalam Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi
Untuk Memenuhi Kebutuhan ...................................................... 69
D. Ilmu Ekonomi ................................................................................. 71
Latihan ..................................................................................................... 75
A. Tindakan dan Motif Ekonomi ...................................................... 79
B. Prinsip Ekonomi ............................................................................. 82
Latihan ..................................................................................................... 86
A. Informasi Keruangan dari Peta, Atlas, dan Globe .................... 91
B. Membuat Sketsa dan Peta Objek Geografi ................................ 104
C. Letak dan Nama (Toponimi) ........................................................ 111
Latihan ..................................................................................................... 113
A. Kaitan Kondisi Alam dan Iklim dengan Kehidupan Penduduk 117
B. Kaitan Kondisi Hidrologis dengan Kehidupan Makhluk Hidup 124
Latihan ..................................................................................................... 125
A. Sifat Fisis Atmosfer ........................................................................ 129
B. Cuaca dan Iklim ............................................................................. 132
Latihan ..................................................................................................... 147
A. Pengertian Hidrosfer ..................................................................... 151
B. Siklus Air ......................................................................................... 152
C. Perairan Darat ................................................................................ 154
D. Perairan Laut .................................................................................. 162
Latihan ..................................................................................................... 169
KERAGAMAN BENTUK
MUKA BUMI
Halaman
1
BAB 1
MASA PRA AKSARA DI
INDONESIA
Halaman
2 9
BAB 2
KEHIDUPAN SOSIAL
MANUSIA
Halaman
4 5
BAB 3
BAB 4
MANUSIA SEBAGAI
MAKHLUK SOSIAL DAN
EKONOMI
Halaman
6 1
BAB 5
TINDAKAN, MOTIF, DAN
PRINSIP EKONOMI
Halaman
7 7
Halaman
8 9
BAB 6
PETA OBJEK GEOGRAFI
BAB 7
KONDISI GEOGRAFIS DAN
PENDUDUK DI
INDONESIA
Halaman
1 1 5
Halaman
1 2 7
BAB 8
ATMOSFER
Halaman
1 4 9
BAB 9
HIDROSFER
BAB 10
PERKEMBANGAN PADA
MASA HINDU-BUDDHA
DI INDONESIA
Halaman
1 7 1
A. Agama Hindu ................................................................................. 173
B. Agama Buddha ............................................................................... 174
C. Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Hindu-Buddha
di Indonesia ..................................................................................... 175
Daftar Isi
vi
A. Awal Penyebaran Islam ................................................................ 195
B. Proses Masuk dan Berkembangnya Pengaruh Islam di Indonesia 195
C. Peranan Pedagang dan Ulama dala Perkembangan Islam di
Indonesia ......................................................................................... 197
D. Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan
pada Masa Islam di Indonesia ...................................................... 201
E. Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia ........... 205
F. Peninggalan-Peninggalan Bercorak Islam di Indonesia ........... 210
Latihan ..................................................................................................... 215
BAB 11
PERKEMBANGAN PADA
MASA ISLAM DI
INDONESIA
Halaman
1 9 3
A. Peran Indonesia dalam Perdagangan dan Pelayaran antara
Asia dan Eropa ............................................................................... 218
B. Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia .................................... 222
C. Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan
pada Masa Kolonial Eropa ............................................................ 227
Latihan ..................................................................................................... 233
A. Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk ............................................. 237
B. Penggunaan Lahan ........................................................................ 238
C. Pola Pemukiman Penduduk ......................................................... 243
Latihan ..................................................................................................... 247
A. Kegiatan Ekonomi ......................................................................... 251
B. Kegiatan Konsumsi ....................................................................... 252
C. Kegiatan Produksi ......................................................................... 259
D. Kegiatan Distribusi ........................................................................ 268
Latihan ..................................................................................................... 277
A. Pengertian Perusahaan ................................................................. 283
B. Jenis Perusahaan Menurut Lapangan Usahanya ...................... 283
C. Pengertian Badan Usaha ............................................................... 285
D. Macam-Macam Badan Usaha ....................................................... 287
E. Kedudukan Badan Usaha dan Perusahaan ................................ 295
F. Pengelolaan Badan Usaha ............................................................. 297
G. Fungsi Badan Usaha ...................................................................... 298
H. Peran Badan Usaha dalam Perekonomian Nasional ................ 300
Latihan ..................................................................................................... 303
BAB 12
MASA KOLONIAL EROPA
DI INDONESIA
Halaman
2 1 7
BAB 13
POLA KEGIATAN
EKONOMI Halaman
2 3 5
A. Pengertian Kreativitas .................................................................. 307
B. Ciri-Ciri Orang Kreatif .................................................................. 308
C. Pengembangan Kreativitas .......................................................... 311
D. Hasil Kreativitas dan Inovasi di Bidang Produksi ..................... 313
E. Kemandirian ................................................................................... 315
F. Kewirausahaan ............................................................................... 316
Latihan ..................................................................................................... 323
BAB 14
KEGIATAN POKOK
EKONOMI Halaman
2 4 9
BAB 15
PERUSAHAAN DAN
BADAN USAHA Halaman
2 8 1
BAB 16
KREATIVITAS DALAM
KEHIDUPAN EKONOMI Halaman
3 0 5
D. Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan
pada Masa Hindu-Buddha di Indonesia ..................................... 176
E. Peninggalan-Peninggalan Sejarah Kerajaan yang Bercorak
Hindu-Buddha di Berbagai Daerah ............................................. 186
Latihan ..................................................................................................... 191
Glosarium .................................................................................................................................................... 325
Daftar Pustaka ............................................................................................................................................ 330
Indeks Subjek .............................................................................................................................................. 332
Indeks Orang .............................................................................................................................................. 335
Mari Belajar IPS 1 untuk SMP/MTs Kelas VII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar